Kabupaten Barito Selatan Kembangkan Objek Wisata Kerbau Rawa

kerbau rawa

Sebuah kawasan padang penggembalaan lahan rawa alam dan sekaligus tempat berkembang biaknya secara alami Kerbau Rawa di wilayah Kecamatan Jenamas, Kabupaten Barito Selatan (Barsel), akan dikembangkan menjadi objek wisata andalan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disparpora)-Hardin F. Nusan kepada Wartawan baru-baru ini di Buntok mengatakan bahwa lahan rawa tempat berkembang biaknya Kerbau Rawa di sekitar Janamas itu merupakan objek langka dan satu-satunya di wilayah Kalteng. Kerbau Rawa dengan populasi 5.000 sampai 10.000 ekor juga merupakan produk unggulan Barsel, selain Rotan, Karet dan Nanas Parigi.

kerbau rawaUntuk itu pihak Disparpora Barsel berencana akan membangun fasilitas maupun sarana prasarana pendukung lainnya di lokasi objek wisata itu nantinya, agar nyaman dikunjungi. Rencana tersebut menurut Hardin, sudah disampaikan kepada Bupati Barsel-H.M. Farid Yusran maupun dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kabupaten dan provinsi.

Hal ini (pengembangan wisata Kerbau Rawa) dilakukan agar tempat perkembangbiakan Kerbau Rawa dapat dijadikan sebagai tempat pariwisata andalan di DAS (Daerah Aliran Sungai) Barito, yang nantinya diharapkan mampu mendongkrak Pendapatan Asli Daerah barsel.” Kata Hardin. F. Nusan.

( inspirasibangsa.com )

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below