Geliat Potensi Wisata Ternak Sapi Perah Boyolali

sapi perah

Potensi wisata ternnak sapi di Boyolali semakin menggeliat. Dengan prospek yang bagus, bukan tidak mungkin ternak sapi bakal jadi destinasi wisata andalan untuk wisatawan.

Adapun lokasi wisata untuk ternak sapi perah adalah di Desa Samiran Selo Boyolali. Di kawasan ini, wisatawan bisa menambah wawasan mengenai cara memerah sapi dan mengolah susu sapi segar.

Selain itu di daerah ini juga ada Kelompok Usaha Peternakan Terpadu (KUPT) Sido Maju, yang berperan aktif dalam usaha pemerahan susu sapi. Bahkan mereka juga bisa menjadi klaster pembibitan sapi perah.

Ketua KUPT Sido Maju, Sujud, menyampaikan selain menjadi tempat wisata pemerahan susu, harapannya kandang sapi milik KUPT Sido Maju juga menjadi tempat edukasi.

“Salah satu syarat klaster pembibitan adalah adanya pencatatan dan sejarah sapi. Wisatawan nanti akan diperkenalkan, jenis induk dan hasil peranakannya akan seperti apa.”

Pegiat pariwisata desa setempat, Mujianto, berencana akan membuat paket wisata ternak sapi perah di Desa Samiran. Selama ini, paket wisata yang sudah banyak diminati adalah Merapi-Merbabu.

“Untuk paket wisata sapi perah ini baru kami rancang. Selain peternakan dan pemerahan susu, wisatawan juga bisa melihat sentra produk olahan susu sapi dan pemanfaatan biogas.

( jitunews.com )

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below