Jawa Timur Jadikan Bondowoso Sentra Pengembangan Domba Sapudi

domba sapudi

Kabupaten Bondowoso termasuk salah satu daerah di Provinsi Jawa Timur yang dinilai memiliki potensi untuk pengembangan domba ekor gemuk atau domba sapudi.

Ir Dwi Wardana, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan DISNAKAN Kabupaten Bondowoso menjelaskan, tahun 2015 ini Kabupaten Bondowoso berupaya untuk bisa melakukan  program pengembangan ternak domba ekor gemuk atau domba sapudi. Program tersebut dilaksanakan karena iklim serta cuaca di Kabupaten Bondowoso mendukung untuk pengembangan ternak tersebut.

Program pengembangan ternak domba sapudi, merupakan inovasi teknologi Inseminasi Buatan – IB sebagai alternatif pengganti daging sapi sekaligus merupakan upaya pelestarian sumberdaya genetika hewan lokal. Dalam pelaksanaannya, tahun 2015 ini Kabupaten Bondowoso juga akan mendapatkan batuan bibit ternak domba sapudi, yang berasal dari pemerintah Provinsi Jawa Timur serta pemerintah pusat.

Dwi mengatakan, khusus wilayah Jawa Timur untuk sementara pengembangan domba sapudi disentrakan di kabupaten bondowoso. Sejauh ini pihaknya telah melakukan persiapan baik untuk lokasi peternakan serta sumber daya manusia yang terlibat. Ini dilakukan dengan harapan, agar nantinya pengembangan ternak domba sapudi berhasil dilaksanakan di Kabupaten Bondowoso.

( pewarta-indonesia.com )

Posted by: On: Tags: Reply

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below