Fapet Unpad Tawarkan Kerjasama Biosecurity

fapet unpad

Untuk mencegah dan mengatasi penyebaran penyakit flu burung, Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran bekerjasama dengan USAID (United States Agency International Development) memberikan penghargaan kepada para peternak, yang telah menjalankan sistem Biosecurity secara baik dan terkendali di Jatinangor, Rabu (27/3).

Dekan Fakultas Peternakan Unpad Dr. Ir. Iwan Setiawan DEA, dalam sambutannya menyatakan bahwa dengan bentuk kerjasama program SAFE (Strategies Against Flu Emergence), diharapkan dapat terus berjalan di masa yang akan datang.

“Dengan kerjasama yang telah dirintis ini, Fapet Unpad sebagai lembaga pendidikan tinggi, terbuka untuk semua kalangan. Mulai dari diskusi, konsultasi, pendampingan dan lain-lain, khususnya yang menyangkut Biosecurity,” kata Iwan Setiawan.

Ia menjelaskan, kegiatan yang telah dilaksanakan, sudah sesuai dengan program SAFE. “Dari sisi Biosecurity, bisa terus diaplikasikan untuk peningkatan produktivitas dan profit. Sementara dari sisi keilmuan, semoga dapat memberikan solusi yang aplikatif,” ujar Iwan Setiawan.

Sementara itu, Arif yang hadir mewakili Dr. Paul Miller dari USAID mengatakan, banyak pihak antusias dengan program ini. “Program pengendalian flu burung melalui Biosecurity, kita rancang demi kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, materi yang diberikan untuk peternak sangat beragam. Seperti video, booklet, dan sertifikat,” tuturnya.

Dalam sesi tanya jawab dari kalangan peternak terungkap, pemahaman mengenai sistem Biosecurity ini sangat bermanfaat karena langsung dapat diterapkan di lapangan. Peternak untuk wilayah Bandung, Majalaya, dan Ciparay, dalam prakteknya menimba ilmu dan menggunakan fasilitas Teaching Farm Unpad. Selain itu diharapkan para peternak yang telah mengetahui Biosecurity, dapat mengajarkan kepada peternak yang lain.

( peternakan.unpad.ac.id )

Posted by: On: Tags: Reply

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below