Teknik Pengawetan Telur Itik Pascapanen

PengawetTelurItik
Kegiatan pasca panen telur itik adalah bagaiman cara mengawetkan. Dengan pengawetan maka nilai ekonomis telur itik akan lebih lama dibanding jika tidak melakukan pengawetan. Telur yang tidak diberi pengawetan hanya dapat tahan selama 14 hari jika disimpan pada temperatur ruangan bahkan akan segera membusuk.
Adapun cara mengawetkan telur itik adalah :
1. Pengawetan telur dengan air hangat. Pengawetan dengan air hangat merupakan pengawetan telur itik paling sederhana. Dengan cara ini telur dapat bertahan selama 20 hari.
PengawetTelurItik

2. Pengawetan telur dengan daun jambu biji. Merendam telur dengan daun jambu biji dapat mempertahankan mutu telur selama kurang lebih 1 bulan. Telur yang telah direndam akan berubah warna menjadi kecoklatan seperti telur pindang.

3. Pengawetan telur dengan minyak kelapa. Pengawetan ini merupakan pengawetan praktis. Dengan cara ini warna kulit telur dan rasa tidak berubah.

4. Pengawetan telur dengan natrium silikat. Bahan pengawetan natrium silikat merupkan cairan kental, tidak berwarna, jernih, dan tidak berbau. Natirum silikat dapat menutupi pori kulit telur sehingga telur awet dan tahan lama hingga 1,5 bulan. Caranya adalah dengan merendam telur dalam larutan natrium silikat 10% selama satu bulan.

5 Pengawetan telur dengan garam dapur. Telur direndam dalam larutan garam dapur (NaCl) dengan konsentrasi 25-40% selama 3 minggu.

budidayausaha.blogspot.com )

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below