Sukses Bersama Panen Perdana Telur Ayam

ayam petelur

Kelompok ternak Sukses Bersama di Sedingan, Tanah Putih, Rokan Hilir bergembira setelah sukses panen perdana ayam petelur bantuan PT Chevron Pacific Indonesia.

“Ayam pemberian dari Chevron sebagian sudah  bertelur, rasanya tidak sia-sia Chevron membantu kelompok kami,” tutur Ketua Kelompok Ternak Sukses Bersama Kamendra, Kamis (5/2).

Kamendra mengutarakan keinginannya untuk menjual telur-telur yang dihasilkan ke pedagang sekitar sehingga hasil penjualan telur dapat memberikan pendapatan tambahan bagi anggota kelompok ternak dan kesejahteraan mereka meningkat.

Selain telur, katanya, para kelompok ternak juga memanfaatkan kotoran ayam untuk dijual kembali ke petani palawija dan akan digunakan sebagai pupuk. Kotoran ayam dapat menghasilkan Rp30.000 per goni.

Hasil penjualan telur dan bahan pupuk kandang kemudian digunakan untuk membeli kebutuhan kandang, membayar listrik dan uang lelah anggota.

Di sela-sela acara penerimaan bantuan, Kamendra menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Chevron karena sudah membantu anggota kelompok ternak.

Pelatihan

Guna mendukung kebutuhan operasional para peternak, Chevron juga membangun infrastruktur kandang ayam seluas 80 m2 (20mx4m) untuk kapasitas 850 ekor ayam yang dilengkapi dengan rumah jaga, gudang pakan seluas 35 m2, sumur bor air bersih dan instalasi listrik.

Manager Humas Chevron Tiva Permata, mengatakan selain infrastruktur dan 850 ayam petelur peternak juga diberikan pelatihan mengenai budidaya ayam petelur, bagaimana cara merawat ayam yang baik dan benar serta berbagi pengetahuan tentang manajemen kandang dan pakan ayam petelur.

Camat Tanah Putih Suryadi mengatakan, ia tidak menyangka bantuan dari Chevron akan sebagus dan selengkap ini. Dengan wajah sumringah, Suryadi menginstruksikan kepada masyarakat terutama anggota kelompok ternak agar benar-benar memanfaatkan bantuan yang telah Chevron berikan

( riaumandiri.co )

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below