Membedakan DOD Jantan dengan Betina

DOD

Buat para peternak itik sering kali harus bisa menentukan jantan maupun betina saat umur 1 hari ataupun habis masa tetas telur (DOD). Guna sexing ini adalah untuk membedakan jantan dan betina untuk perawatan selanjutnya. Biasanya itik betina akan dilakukan perawatan sebagai itik petelur sedang itik jantan biasanya digunakan untuk itik pedaging. Lalu bagaimana cara membedakan itik yang baru menetas ataupun baru berumur satu hari berikut tipsnya.

1.Hand sexing
Adalah cara memilah kelamin anak itik dengan cara membuka anus/kloaka. Jika terdapat benjolan kecil dianus maka anak itik ini berkelamin jantan, jika tidak ada maka berkelamin betina. Sexing dengan cara ini memiliki tingkat akurasi/ketepatan yang tinggi, tapi sedikit repot dan makan waktu lumayan lama. Kelemahan dari sistem ini adalah kete;litian dan waktu yang lama, Bayangkan jika yang dipilah berjumlah ratusan atau bahkan ribuan.

2.Bend sexing
Adalah memilah kelamin anak itik dengan memperhtikan tingkah anak itik. Termasuk dalam cara ini adalah membedakan warna bulu dan paruh anak itik. Bulu anak itik jantan lebih gelap dan kasar daripada anak itik betina. Warna paruh anak itik jantan abu-abu kehitaman, sedang anak itik betina lebih terang mirip warna bawang merah (bhs jawa : mbrambang). Dengan cara ini akan lebih mudah dan cepat dibanding cara nomer 1 /hand sexing. Namun jika ada keraguan maka cara nomer 1 dilakukan. Kelemahannya adalah biasanya cara ini dilakukan hanya peternak profesional saja sebab membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mempelajari cara ini.

3.Voice sexing
Adalah pemilahan kelamin anak itik dengan membedakan suara yang dikeluarkan anak itik. Anak itik jantan bersuara serak, sedangkan anak itik betina nyaring. Cara ini membutuhkan latihan dan konsentrasi.

Demikian cara sederhana dalam sexing DOD (day old duck) waluppun saat ini di perusahaan besar telah menggunakan tekhnik perkawinan silang yang akan menghasilkan itik yang langsung bisa terdeteksi jantan maupun betina dari warna bulu.

( sharetipsdancara.blogspot.com )

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below