Warga Keluhkan Bantuan Itik dari Bupati Madiun Malah Berbuah Petaka

itik angon1

Warga Desa Putat Kecamatan Geger Kabupaten Madiun kecewa lantaran bantuan itik sebanyak dua ratus ekor dari Bupati Madiun melalui Dinas Peternakan mati mendadak setelah empat hari diterima. Parahnya bantuan Itik tersebut menyebarkan virus ND (Newcastle Disease) yang akhirnya juga menulari hewan ternak unggas milik warga yang lain yang akhirnya mati.

Bantuan itik tersebut merupakan usulan dari warga desa pada saat berlangsungnya Bantuan Sosial Terpadu (BST) pada bulan September 2014 lalu di Desa Putat Kecamatan Geger kabupaten Madiun Jawa Timur. Saat itu, Bupati
H.Muhtarom menyetujui dan memberikan bantuan itik tersebut lewat Dinas Peternakan.

Sekretaris Desa Putat Suryadi mengatakan bantuan itik itu saat datang dalam satu hari masih kelihatan sehat namun empat hari kemudian pada mati. Padahal, rencananya bantuan itik tersebut akan dibagikan kepada warga yang kurang mampu dengan jumlah masing-masing warga mendapat lima ekor.

Namun begitu tahu bantuan itik tersebut membawa virus ND sebagian warga tidak jadi mengambil bantuan karena dikuatirkan akan menulari ternak unggas lainnya.

“Wah bantuannya itu membawa virus mas jadinya mbandang (baca: menulari) hewan unggas lainnya. Punya saya malah mati,” terang Suryadi pada lensaindonesia.com, Rabu (18/2/2015).

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan Lilin S Anisa saat dikonfirmasi melalu telepon selular membenarkan bahwa bantuan itik yang di desa Putat itu terkena virus ND dan mengaku sudah melakukan pemeriksaan. Setelah ada laporan dari pihak desa dan hasil pemeriksaan sudah dibawa ke laboraturium.

Namun terkait bantuan itu akan diganti atau tidak, Lilin menjawab tegas bahwa bantuan tersebut tidak akan diganti karena kriteria bantuan yang diganti itu khusus bantuan ternak dalam skala besar.

“Terkait penggantian bantuan itik yang mati itu terus terang kami tidak akan mengganti, sebab penggantian bantuan khususnya ternak itu peruntukkan bantuan ternak dalam skala besar,” katanya

( lensaindonesia.com )

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below